Selasa, 04 Januari 2011

TUGAS 3 (ARTIKEL)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ

KELAS : 2EB18

NPM : 26209757

TUGAS 3


APA YANG DICARI MANUSIA DI DUNIA INI

Apakah yang dicari manusia di dunia ini? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling esensi dalam hidup setiap orang. Setiap orang sadar atau tidak sadar, sesungguhnya menanyakan pertanyaan ini pada dirinya sendiri. Setiap orang sesungguhnya mencari keinginannya yang dapat membuatnya puas, tenang, bersuka cita, damai. intinya, setiap orang menginginkan kebahagiaan. Orang terus mencarinya dan mencarinya, entah itu lewat kekayaan, atau kejayaan, jabatan, dll. Setiap manusia pasti menginginkan kebahagiaan d dunia dan di akhirat, tapi ada juga yang hanya menginginkan kebahagiaan di dunia saja, ada juga yang hanya di akhirat saja. Menurut Blaise Pascal:
“Semua orang mencari kebahagiaan. Semua orang tanpa terkecuali. Apa pun sarana yang mereka terapkan, mereka semua condong pada tujuan ini. Alasan sebagian orang pergi berperang, dan sebagian lagi menghindarinya, adalah keinginan yang sama di dalam keduanya [kebahagiaan],....Inilah [kebahagiaan]motif setiap tindakan setiap orang, bahkan dari orang yang menggantung dirinya.”
Semua orang mencari apa yang disebut bahagia, Alloh SWT berfirman dalam Surat Al Baqoroh 200-201: Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami (kebaikan) di dunia”, dan Tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.
Kalau kita meminta kebahagiaan hanya didunia saja, mungkin kebahagiaan itu bisa kita dapatkan tapi: dan Tiadalah baginya kebahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka yang tentunya kaum muslimin/at mu`minin/at tidak hanya meminta kebahagiaan di dunia saja tapi meminta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang bendoa: “Ya Tuhan Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka”
Jelasnya, kebahagiaan itu dicari oleh semua manusia tanpa melihat jabatan, agama dan keadaan lainnya. Semuanya mencari dan terus mencari kebahagiaan. Kuatnya manusia menginginkan sampai-sampai tidak mempedulikan mana yang haram dan mana yang halal, semua dilakukan hanya untuk mendapatkan kebahagiaan. Kenyataannya; meskipun kebahagiaan itu dicari oleh semua manusia ke setiap penjuru dunia dengan berbagai cara tapi tida semua bisa mendapatkannya. Malah mungkin yang sering berkunjung kerumah kita adalah susah atau bingung. Timbul pertanyaan, apakah kebhagaiaan sudah habis atau Alloh SWT yang tidak mau memberi kebahagiaan terhadap makhluqNya?. Dijawab: bukan kebahagaian yang habis dan bukan pula Alloh SWT yang tidak mau memberi kebahagiaan terhadap makhluqNya tapi salah kita sendiri yang mencari kebahagiaan bukan di tempatnya.

Nah, bahagia dicari oleh semua orang tapi tidak semua orang mendapatkannya, bukan kebahagaian yang habis dan bukan pula Alloh SWT yang tidak mau memberi kebahagiaan terhadap makhluqNya tapi salah kita sendiri yang mencari kebahagiaan bukan di tempatnya. Kalau kita mencari ikan harus ke laut, mencari buku ke toko buku begitu pula kalau kita ingin mencari bahagia harus ke tempatnya. Tempatnya bahagia adalah dalam Ridho Alloh SWT. Banyak manusia menyangka bahwa bahagia bersumberkan pada harta. Peribahasa sekarang mengatakan dengan uang semua bisa didapatkan. Semua mencari uang, pergi kesana sini bahkan kaki dijadikan kepala dan kepala dijadikan kaki. Dapat uangnya? Ada yang mendapatkan dan ada pula yang tidak mendapatkan. Banyak manusia berprasangka bahwa bahagia bisa didapat dengan pangkat atau jabatan. Semua orang mencari pangkat, sikut sana sikut sini, sogok sana sogok sini. Sebenarnya harta, ilmu, pangkat bahkan kebodohan dan kemiskinan itu semua hanya alat untuk mendapatkan kebahagiaan. Ibarat. Bukannya melarang untuk mencari uang, ilmu atau pangkat. Silahkan semua itu kejar dengan segala daya upaya kita tapi ingat semua itu hanya alat untuk mencapai bahagia bukan sumber kebahagiaan.
Carilah harta dengan jalan yang di Ridhoi Alloh SWT, carilah ilmu dengan yang di Ridhoi Alloh SWT dan kejarlah pangkat dengan jalan yang diRihoi Alloh SWT. Bahkan kebodohan dan kemiskinan pun alat untuk mencapai kebahagiaan asal bisa menempatkan dalam jalan yang di Ridhoi Alloh SWT. Selama kita sudah berusaha sekuat tenaga untuk bisa mendapatkan harta, ilmu atau pangkat yang tentunya di jalan yang di Ridhoi Alloh SWT jangan jadi maslah apalagi marah-marah kalau kita tidak mendapatkannya karena yang diwajibkan adalah mencarinya bukan mendapatkannya. Uang, ilmu atau pangkat diberikan Alloh SWT untuk dicari semua makhluqNya tapi tidak semua bisa mendapatkannya. Perkara yang diberikan untuk semua tapi tidak bisa mendapatkan semuanya dimana tidak mendapatkan jangan marah-marah apalagi jadi masalah. Beda dengan bahagia, semua orang mendapatkan rasa bahagia dan susah dari mulai RT sampai Presiden dan dari mulai Bangsat sampai Rosul semuanya mendapatkan bhagia dan susah.
Yang seharusnya jadi bahan pemikiran dan masalah adalah ketika sesuatu yang diberikan rata untuk semua tapi kita tidak mendapatkannya. Bahagia rata diberikan terhadap semua tapi kita tidak mendapatkannya, inilah yang seharusnya menjadi bahan pemikiran kita. Saatnya kita intropeksi diri apakah semua alat yang telah diberikan Alloh SWT untuk mencapai kebahagiaan kita cari dan kita daya gunakan sesuai atau tidak dengan aturan yang telah ditetapkan Alloh SWT. Ketika kita semua bisa mendaya gunakan alat yang telah diberikan Alloh SWT untuk mencapai kebahagiaan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Alloh SWT atau dalam jalan yang di Ridhoi Alloh SWT, insya Alloh kebahagiaan di dunia dan akhirat bisa kita dapatkan. Semoga kita diberikan kekuatan dan kemampuan untuk mendaya gunakan semua alat yang telah diberikan Alloh SWT dijalan yang di RidhoiNya dan semoga kebahagiaan di dunia dan akhirat bisa kita dapatkan.

TUGAS 3 (ARTIKEL)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ
KELAS : 2EB18
NPM : 26209757
TUGAS 3

“ PERKEMBANGAN SOSIOLOGI DI INDONESIA”

1. PERMULAAN SOSIOLOGI DI INDONESIA
Ajaran Wulang Reh yang diciptakan oleh sri paduka Mangkunegoro IV dari Surakarta antara lain mengajarkan tata hubungan antara anggota masyarakat Jawa yang berasal dari golongan – golongan yang berbeda, banyak mengandung aspek –aspek sosiologi, terutama dalam bidang hubungan antar golongan. Almarhum Ki Hadjar Dewantoro, pelopor utama meletakan dasar –dasar bagi pendidikan nasional di Indonesia, memberikan sumbangan dengan konsep – konsepnya mengenai kepemimpinan dan kekeluargaan Indonesia yang dengan nyata dipraktikan dalam organisasi pendidikan taman siswa. Dari keterangan diatas, nyatalah bahwa unsure sosiologi tidak digunakan dalam ajaran atau teori yang murni sosiologis, tetapi sebagai landasan untuk tujuan lain yaitu ajaran tata hubungan antar manusia dan pendidikan. Apabila dilihat dari hasil karya sarjan orang belanda, sebelum perang dunia kedua, yang mengambil masyarakat Indonesia sebagai pusat perhatiannya seperti tulisan Snouck Hurgronje, Van Vollenhoven, ter Haar, Duyvendak, dll, maka dari hasil karya itupun tampak adanya unsur sosiologi yang dipergunakan secara ilmiah.
Hal itu tidaklah berarti bahwa metode yang digunakan untuk meneropong sesuatu masalah atau gejala sosiologis ialah salah atau tidak dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah, sama sekali tidak. Keterangan diatas hanyalah dimaksudkan untuk menyatakan, bahwa sosiologi, pada waktu itu di Indonesia, dianggap sebagai ilmu pembantu bagi ilmu – ilmu pengetahuan lainnya. Dengan perkataan lain, sosiologi pada saat itu belum dianggap cukup penting dan cukup dewasa untuk dipelajari dan digunakan sebagai ilmu pengetahuan terlepas dari ilmu – ilmu penegtahuan lainnya. Sekolah tinggi hokum di Jakarta pada waktu itu ialah satu – satunya lembaga perguruan tinggi yang sebelum perang dunia kedua, memberikan kuliah – kuliah sosiologi di Indonesia. Pada tahun – tahun 1934/1935 kuliah – kuliah sosiologi pada sekolah tinggi hokum tersebut malah ditiadakan oleh karena pada waktu itu, para guru besar yang memegang tanggung jawab dalam menyusun daftar kuliah berpendapat bahwa pengetahuan tentang bentuk dan susunan masyarakat beserta proses – proses yang terjadi didalamnya tidak diperlukan dalam hubungan dengan pelajaran hokum. Yang penting ialah perumusan peraturannya dan system – system untuk menafsirkannya.

2. PERKEMBANGAN SOSIOLOGI SESUDAH PERANG DUNIA KEDUA
Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, seorang sarjan Indonesia yaitu soenario kolopaking. Untuk pertama kalinya member kuliah sosiologi(1948) pada akademi ilmu politik di Yogyakarta (akademi tersebut kemudian dilebur ke dalam universitas negeri Gajah Mada dan kemudian menjadi fakultas social dan politik). Oleh karena sebelum perang dunia kedua, semua kuliah pada perguruan – perguruan tinggi di berikan dalam bahasa belanda. Maka kuliah dalam pengetahuan tersebut sukar sekali untuk mencetuskan keinginan para sarjana, untuk memperdalam dan kemudian memperkembangkan sosiologi. Bertambahnya orang – orang yang memperdalam dan mengkhususkan diri dalam sosiologi menjadi dorongan untuk berkembangnya dan meluasnya pengetahuan tadi, akan tetapi sekaligus membawa perubahan sifat dan sosiologi Indonesia. Buku sosiologi dalam bahasa Indonesia mulai diterbitkan satu tahun setelah pecahnya revolusi fisik yaitu Sosiologi Indonesia oleh Djody Gondokusumo yang memuat beberapa pengertian elementer dari sosiologi yang teoritis dan bersifat sebagai filsafat.
Menyusullah suatu buku Sosiologi yang diterbitkan oleh Bardosono, yang sebenarnya merupakan sabuah diktat yang ditulis seorang mahasiswa yang mengikuti kuliah – kuliah sosiologi dari seorang guru besar yang tak disebutkan namanya dalam buku tersebut. Selanjutbya dapatlah dikemukakan buku karangan Hassan Shadily dengan judul Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia yang merupakan buku pelajaran pertama di dalam bahasa Indonesia yang memuat bahan – bahan sosiologi modern. Maka buku Hassan Shadily ( lulusan Cornell University di Amerika Serikat) memenuhi keperluan para mahasiswa yang mulai belajar ilmu pengetahan tersebut sebagai ilmu pembantu. Para pengajar yang mengikuti ajaran sosiologi teoritis filosofis lebih banyak mempergunakan terjemahan buku – bukunya P.J Bouman, yaitu Algemene Maatschappijleer dan Sociologie, bergrippen en problemen serta buku lysen yang berjudul Individu en Maatschappij.
Buku Social Changes in Yogyakarta hasil karya Selo Soemardjan yang terbit dalam tahun 1962. Buku yang ditulis dalam bahasa inggris itu merupakan disertai penulis untuk mendapatkan gelar doctor pada cornell University, Amerika Serikat Isinya ialah perihal perubahan – perubahan dalam masyarakat di Yogyakarta sebagai akibat dari revolusi politik dan social, pada waktu revolusi masih berpusat di kota Yogyakarta. Buku yang berjudul Setangkai bunga sosiologi itu diterbitkan pada 1964 dan dipakai sebagai bacaan wajib pada beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta. Penelitian – penelitian sosiologis di Indonesia belum mendapatkan tempat yang sewajarnya, oleh karena masyarakat masih terlampau percaya pada angka – angka yang relative mutlak. Apalagi masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang mencakup berates suku. Dalam hal ini amsih diperlukan usaha yang tekun dank eras untuk menempatkan penelitian sosiologis pada tempat yang wajar.

TUGAS 3 (ARTIKEL)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ
KELAS : 2EB18
NPM : 26209757
MENGENAL WINDOWS 98
Microsoft corporation pada tanggal 22 juli 1998 secara resmi mengeluarkan system operasi atau OS versi terbarunya dengan nama Microsoft windows 98. Dengan windows 98 semua yang anda kerjakan dengan computer pribadi akan terasa lebuh mudah, lebih cepat dan menyenangkan. Dengan kemampuan dan penampilan graphical user interface (GUI) yang lebih baik, bagi pemakai yang biasa menggunakan windows 3.x dan windows 95 akan mudah sekali untuk beralih ke windows 98, begitu juga bagi yang belum mengenal system operasi berbasis windows, tidaklah sulit untuk mempelajari dan menggunakn windows 98.
Beberapa keunggulan dan fasilitas baru pada Windows 98 :
• Windows 98 telah mendukung Universal serial Bus (USB), Intel MMX, IrDa, DVD dan PC Card32 (CardBus). Kemampuan plug-and-play USB dimaksudkan untuk memudahkan anda menginstal peripheral seperti joystick forced feedback, kamera digital, scanner dan lain-lain.
• Windows 98 dikeluarkan secra terintegrasi penuh dengan Web Browser Internet Explorer, yang akan banyak membantu anda dalam menelusuri Local drive, server di system jaringan dan Internet.
• Windows 98 dilengkapi dengan berbagai Wizard dan fasilitas baru Web baru yang sangat bermanfaat.
• Kinerja dan keandalan Windows 98 juga telah ditingkatkan, sehingga program aplikasi dapat dibuka lebih cepat dan proses shut down lebih singkat.
• Apabila computer anda dilengkapi dengan tuner card. Computer anda bias menerima dan menampilkan siaran TV.
• Windows 98 telah dilengkapi pula dengan 1200 driver perangkat keras baru.
• Windows 98 telah dilengkapidengan program aplikasi backup data yang lebih baik.



Menjalankan Program Aplikasi :
Anda bisa menjalankan program aplikasi pada windows 98 dengan berbagai cara dan alternative. Sebagai contoh anda bermaksud menjalankan program aplikasi Microsoft word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih menu program
Dengan cara klik tombol start yang ada di taskbar, pilih menu program, kemudian pilih dan klik Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih menu run
Dengan cara klik tombol start yang ada di taskbar, kemudian pilih dan klik menu run. Maka kotak dialog run akan ditampilkan, pada kotak dialog isian OPEN, ketik nama program,folder, dokumen (C:\program files\microsoft office\microsoft word.), lalu klik OK.
• Menjalankan program aplikasi dengan melalui icon My Computer
Dengan cara klik 2x icon My Computer yang di desktop windows 98. Jendela My Computer akan ditampilkan, pada jendela My Computer, klik 2x drive (C:). Jendela drive (C:) akan ditampilkan, pada jendela drive (C), klik dua kali folder yang anda inginkan. Misalnya klik dua kali folder program files. Setelah anda pilih, jendela folder program files akan ditampilkan, klik dua kali icon program aplikasi yang anda inginkan. Misalnya klik dua kali icon Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan melalui Windows Explorer
Dengan cara klik tombol start, pilih menu program, kemudian pilih & klik program Windows Explorer. Muncul jendela Exploring, pada jendela tersebut, pilih dan klik folder yang anda inginkan. Misalnya klik folder Microsoft office yang ada pada folder program files, kemudian pada kotak daftar pilihan contents of Microsoft office, klik dua kali nama program anda inginkan. Missal klik dua kali nama program Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih icon shortcut program aplikasi
Dengan cara mengklik dua kali icon shortcut Microsoft word yang ada pada desktop windows 98.
Terakhir saya akan menjelaskan tentang bagaimana Mengatur Konfigurasi Modem
Windows 98 pada jendela Control Panel menyediakan fasilitas MODEMS yang akan membantu anda dalam menginstall modem baru dan mengatur konfigurasi modem yang terpasang pada computer.

Untuk menginstal modem baru dan mengatur konfigurasi modem sudah terpasang :
• Pada jendela control panel, pilih dan klik dua kali icon Modems. Kotak dialog Modems akan ditampilkan.
• Pada kotak dialog Modems properties tersebut, klik tab General. Kemudian lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Klik tombol perintah Add, untuk menginstal modem baru. Kotak dialog Install New Modem akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut klik tombol perintah Next. Kemudian ikuti semua pertanyaan dan permintaan pada kotak doalog tersebut sampai selesai. Penjelasan selengkapnya lihat contoh penggunaan fasilitas Add New Hardware.
 Pilih dan klik nama modem yang ingin anda hapus, kemudian klik tombol perintah Remove.
 Pilih dan klik nama modem yang ingin anda atur konfigurasinya, emudian klik tombol perintah Properties. Kotak dialog Modem Properties akan ditampilkan.
Pada tab General, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Tombol daftar pilihan port. Pilih dan klik serial port yang akan anda gunakan.
 Pada kotak speaker volume, atur volume suara dengan car menggeser slider agar sesuai dengan keinginan anda.
 Pada kotak maximum speed, pilih dan klik kecepatan modem yang dimungkinkan.
Gunakan tab Connection, untuk pengaturan lebih lanjut dan klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
• Pada kotak dialog Modems Properties tersebut, klik tab Diagnostics untuk melihat hasil penelusuran Windows 98 untuk melihat hasil penelusuran Windows 98 untuk setiap modem yang terpasang.
• Klik OK, untuk menutup kotak dialg Modems Properties.

TUGAS 3 (ARTIKEL)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ
KELAS : 2EB18
NPM : 26209757
TUGAS 3

BANGSA INDONESIA ITU BANGSA YANG BERADAB
Krisis kemanusiaan merupakan peristiwa atau runtutan peristiwa ancaman krisis terhadap kesehatan,keamanan,dan keberadaan atau eksistensi suatu komunitas atau suatu kelompok besar dalam suatu wilayah luas konflik bersenjata,epidemi,bencana kelaparan,bencana alam,dan kedaruratan lainya dapat memicu terjadinya krisis kemiskinan. Krisis kemanusiaan masih merupakan sorotan bagi dunia internasional dan masih sulit untuk di atasi. Kemanusiaan yang adil dan beradab menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan, dan berani membela kebenaran dan keadilan. Sadar bahwa manusia adalah sederajat, maka bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia, karena itu dikembangkanlah sikap hormat dan bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain.
Sebelum kita dapat mengetahui apakah Indonesia layak atau tidak disebut sebagai bangsa yang beradab,maka kita perlu mengetahui pengertian dari istilah bangsa dan istilah beradab itu sendiri. Istilah bangsa atau nasional,kebangsaan atau nasionalitas,paham kebangsaan atau nasioanalisme,alam kajian sejarah terbukti mengandung konsep-konsep yang sulit di rumuskan sehingga para pakar di bidang politik,sosiologi,dan antropologi pun sering berbeda pendapat mengenai makna istilah-istilh tersebut.Namun,kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan bangsa sebagai suatu kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan ,adapt ,bahasa ,dan sejarahnya, serta berpemerintah sendri. Meskipun KBBI telah memberikan suatu definisi mengenai istilah bangsa, namun tidak ada rumusan ilmiah yang dapat di rancang untuk mendefinisikan istilah bangsa secara objektif, tetapi fenomena kebangsaan tetap aktual hingga saat ini. Indonesia dapat dikatakan sebagai suatu bangsa sebab sesuai pengertian di atas rakyat Indonesia yang beranekaragam namun memiliki suatu sejarah yang sama karena pernah mengalami penjajahan oleh Belanda dan Jepang. Sikap kebangsaan yang dimiliki oleh rakyat Indonesia sudah terlihat sejak tonggak sejarah Indonesia yang pertama, yaitu Budi Utomo didirikan. Sikap persatuan dan kesatuan yang dimiliki para pemuda menunjukkan bahwa mereka mengakui persamaan-persamaan yang mereka miliki di atas perbedaan-perbedaan mereka.

Jika kita kaji lebih dalam, mengenai masalah krisis kemanusiaan di indonesia ini, kita dapat melihat bahwa maraknya peristiwa krisis kemanusiaan terjadi setelah bangsa indonesia meraih kemerdekaan. Kita indonesia masih memperjuangkan kemerdekaan, semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan terlihay begitu tinggi dan erat. Perlawananan yang diberikan kepada belanda dan jepang merupakan bukti adanya semangat kebangsaan itu, segala perbedaan ditinggalkan dan para pahlawan bangsa bersatu untuk merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Namun setelah bangsa indonesia telah menjadi negara yang merdeka, terlihat bahwa nilai-nilai dan ideologi bangsa yang telah diperjuangkan melalui pertumpahan darah mulai pudar. Paham komunisme yang secara terang-terangan merupakan anti pancasila hampir meruntuhkan segala impihan para leluhur bangsa dengan mempengaruhi presiden soekarno. Pemberantasan partai komunis di indonesia oleh pemerintah orde baru ternyata menyebabkan penguasa bersifat otoriter dan melewati batas, sehingga terjadi pelanggaran hak asasi manusia dalam jumlah yang sangat besar. Perubahan mental rakyat juga melihat mengarah pada penurunan grafik. Sikap saling menghormati, menghargai, toleransi semakin memudar. Masalah yang kecil dapat menjadi masah yang besar yang berdampak besar dan kemungkinan atau fatal.

Secara filosof, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beradab sebab budaya – budaya kesopanan, kesusilaan, saling menghargai dan menghormati sudah diturunkan dari para leluhur bangsa Indonesia dan telah mendarah daging. Bangsa Indonesia juga sudah menyalakan dengan jelas dalam ideology pancasila, bahwa bangsa indoenesia adalah bangsa yang beradab. Krisis kemanusiaan ternyata masih terjadi di tanah air Indonesia. Meskipun Indonesia merupakan bangsa yang beradab, tidak menutup kemungkinan terjadinya suatu krisis kemanusiaan dengn berbagai factor penyebab, antara lain : kesalahpahaman, kurangnya etika, sikap saling menghormati dan menghargai. Adanya rekayasa – rekayasa dari pihak yang bertanggung jawab, serta adanya perasaan dendam dalam hati. Solusi untuk mencegah krisis kemanusiaan agar tidak terjasi lagi ialah dengan mendidik dan membina generasi muda dengan semangat kebangsaan, pengembangan kecerdasan emosional(EQ), kecerdasan spiritual(SQ), serta penanaman mental yang benar sejak dini. Jalan damai(bermusyawarah, dialog dan membangun saling pengertian)dan bukan konfrontasi perang atau penggunaan kekerasan- tetaplah yang terbaik

TUGAS 3 (EKONOMI LOPERASI)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ
KELAS : 2EB18
NPM : 26209757
TUGAS 3

APAKAH ILMU PEBGETAHUAAN (SCIENCE) ?
Manusia sebenarnya diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk yang sadar. Kesadaran manusia itu dapat disimpulkan dari kemampuannya untuk berfikir, berkehendak dan merasa. Dengan fikirannnya manusia mendapatkan (ilmu) pengetahuaan, dengan kehendaknya manusia mengarahkan perilakunya, dan dengan perasaannya manusia dapat mencapai kesenangan. Sarana untuk memelihara dan meningkatkan ilmu pengetahuan dinamakan logika, sedangkan sarana – sarana untuk memelihara serta meningkatkan pola perilaku dan mutu kesenian, masing – masing disebut etika dan estetika. Secara pendek dapatlah dikatakan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan (knowledge) yang tersusun sitematis dengan menggunakan kekuatan pemikiran, pengetahuan selalu dapat diperiksa dan ditelaah dengan kritis oleh setiap orang yang ingin mengetahuinya. Unsur – unsur yang merupakan bagian – bagian yang tergabung dalam suatu kebulatan :
a. Pengetahuan
b. Tersusun secara sistematis
c. Menggunakan pemikiran
d. Dapat di control secara kritis oleh orang lain atau umum
Yang dimaksudkan dengan pengetahuan adalah kesan didalam fikiran manusia sebagai hasil penggunaan panca inderanya, yang berbeda sekali dengan kepercayaan takhyul dan penerangan – penerangan yang keliru. Pengetahuan berbeda dengan buah fikiran (ideas), oleh karena tidak semua buah fikiran merupakan pengetahuan. Tidak semua buah fikiran memerlukan pembuktian akan kebenarannya atau ketidakbenarannya, oleh karena ada buah fikiran yang semata – mata merupakan kelakar dan angan – angan belaka dari manusia. Namun buah fikiran dan angan – angan juga merupakan bahan yang berharga bagi seorang ilmuwan untuk melaksanakan kegiatan – kegiatannya. Tidak semua pengetahuan merupakan suatu ilmu, hanya pengetahuan yang tersusun secara sistematis saja yang merupakan ilmu pengetahuan. Sistematika berarti urutan – urutan yang tertentu dari pada unsur – unsur yang merupakan suatu kebulatan, sehingga dengan adanya sistematika tersebut akan jelas tergambar apa yang merupakan garis besar ilmu pengetahuan yang bersangkutan. System tadi ialah suatu konstruksi yang abstrak dan teratur sehingga merupakan keseluruhan yang terangkai. Artinya, setiap bagian dari suatu keseluruhan dapat dihubungkan satu dengan yang lainnya. Abstrak berarti bahwa konstruksi tersebut hanya ada dalam fikiran dan tidak dapat diraba atau dipegang. System didalam pengetahuan harus bersifat dinamis, artinya, system tersebut harus menggunakan cara – cara yang selalu disesuaikan dengan taraf perkembangan ilmu penegtahuan pada suatu saat.
Ilmu penegtahuan mrupakan pengetahuan yang tersusun secara sestematis dengan penggunaan kekuatan pemikiran, pengetahuan mana selalu dapat diperiksa dan ditelaah dengan kritis. Tujuan ilmu pengetahuan ialah lebih mengetahui dan mendalami segala segi kehidupan. Pada hakikatnya ilmu pengetahuan timbul karena adanya hasrat ingin tahu dalam diri manusia. Hasrat ingin tahu timbul karena banyak sekali aspek – aspek kehidupan yang masih gelap bagi manusia, dan manusia ingin mengetahui kebenaran dari kegelapan tersebut. Setelah manusia memperoleh pengetahuan tentang sesuatu, maka kepuasannya segera disusul lagi oleh suatu kecenderungan untuk lebih tahu lagi. Dalam usahanya untuk mencari kebenaran tersebut, manusia dapat menempuh berbagai cara yaitu :
a. Penemuan secara kebetulan. Artinya ialah penemuan yang sifatnya tanapa direncanakan dan diperhitungkan terlebih dahulu.
b. Hal untung – untungan, artinya penemuan melalui cara percobaan – percobaan dan kesalahan – kesalahan.
c. Kewibawaan, yaitu berdasarkan penghormatan terhadap pendapat atau penemuan yang dihasilkan oleh seseorang atau lembaga tertentu yang dianggap mempunyai kewibawaan atau wewenang.
d. Usaha- usaha yang bersifat spekulatif, walaupun agak teratur. Artinya dari sekian banyak kemungkinan, dipilihkan salah – satu kemungkinan walaupun pilihan tersebut tidaklah didasarkan pada keyakinan apakah pilihan tersebut merupakan cara yang paling tepat.
e. Pengamalan, artinya berdasarkan fikiran kritis, akan tetapi pengalaman belum tentu teratur dan bertujuan. Mungkin pengalaman tersebut hanya untuk dicatat saja.
f. Penelitian ilmiah
Dengan demikian penelitian pada hakikatnya merupakan suatu pembagian pokok dari ilmu penegtahuan yang bertujuan untuk lebih mengetahui dan mendalami segala segi kehidupan. Betapa besarnya manfaat dan kegunaan penelitian, kiranya sulit untuk disangkal karena dengan penelitian itulah manusia mencari kebenaran pergaulan hidup ini yang ditentukan oleh lingkungan social – budaya, lingkungan hokum, dan alam. Dengan demikian penelitian merupakan alat utama yang diperguanakan manusia untuk memperkuat, membina serat mengembangkan ilmu pengetahuan. Yang dimaksudkan dengan pemikiran ialah pemikiran dengan menggunakan otak. Apabila pembicaraan dikembalikan pada pengetahuan maka ternyata bahwa pengetahuan tersebut diperoleh melalaui kenyataan (fakta) dengan melihat dan mendengar sendiri, serta melalui alat – alat komunikasi. Ilmu pengetahuan bertujuan agar manusia lebih mengetahui dan mendalami segala segi kehidupan ini. Manusia harus dapat meramalkan apa yang akan terjadi kelak di kemudian hari. Meramalkan ialah suatu kemampuan untuk menetapkan kecenderungan dan kemungkinan dimasa datang.





Secara umum dan konvensional dikenal adanya empat kelompok ilmu penegtahuan :
• Ilmu matematika
• Ilmu pengetahuan alam
• Ilmu tentang perilaku
• Ilmu pengetahuan kerohanian
Ilmu pengetahuan murni terutama bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak, yaitu untuk mempertinggi mutunya. Ilmu pengetahuan yang diterapkan bertujuan untuk mempergunakan dan menerapkan ilmu pengetahuan tersebut di dalam masyarakat dengan maksud untuk membantu masyarakat di dalam mengatasi maslah – masalah yang di hadapinya.