Selasa, 04 Januari 2011

TUGAS 3 (ARTIKEL)

NAMA : MOHAMMAD TAUFIQ
KELAS : 2EB18
NPM : 26209757
MENGENAL WINDOWS 98
Microsoft corporation pada tanggal 22 juli 1998 secara resmi mengeluarkan system operasi atau OS versi terbarunya dengan nama Microsoft windows 98. Dengan windows 98 semua yang anda kerjakan dengan computer pribadi akan terasa lebuh mudah, lebih cepat dan menyenangkan. Dengan kemampuan dan penampilan graphical user interface (GUI) yang lebih baik, bagi pemakai yang biasa menggunakan windows 3.x dan windows 95 akan mudah sekali untuk beralih ke windows 98, begitu juga bagi yang belum mengenal system operasi berbasis windows, tidaklah sulit untuk mempelajari dan menggunakn windows 98.
Beberapa keunggulan dan fasilitas baru pada Windows 98 :
• Windows 98 telah mendukung Universal serial Bus (USB), Intel MMX, IrDa, DVD dan PC Card32 (CardBus). Kemampuan plug-and-play USB dimaksudkan untuk memudahkan anda menginstal peripheral seperti joystick forced feedback, kamera digital, scanner dan lain-lain.
• Windows 98 dikeluarkan secra terintegrasi penuh dengan Web Browser Internet Explorer, yang akan banyak membantu anda dalam menelusuri Local drive, server di system jaringan dan Internet.
• Windows 98 dilengkapi dengan berbagai Wizard dan fasilitas baru Web baru yang sangat bermanfaat.
• Kinerja dan keandalan Windows 98 juga telah ditingkatkan, sehingga program aplikasi dapat dibuka lebih cepat dan proses shut down lebih singkat.
• Apabila computer anda dilengkapi dengan tuner card. Computer anda bias menerima dan menampilkan siaran TV.
• Windows 98 telah dilengkapi pula dengan 1200 driver perangkat keras baru.
• Windows 98 telah dilengkapidengan program aplikasi backup data yang lebih baik.



Menjalankan Program Aplikasi :
Anda bisa menjalankan program aplikasi pada windows 98 dengan berbagai cara dan alternative. Sebagai contoh anda bermaksud menjalankan program aplikasi Microsoft word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih menu program
Dengan cara klik tombol start yang ada di taskbar, pilih menu program, kemudian pilih dan klik Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih menu run
Dengan cara klik tombol start yang ada di taskbar, kemudian pilih dan klik menu run. Maka kotak dialog run akan ditampilkan, pada kotak dialog isian OPEN, ketik nama program,folder, dokumen (C:\program files\microsoft office\microsoft word.), lalu klik OK.
• Menjalankan program aplikasi dengan melalui icon My Computer
Dengan cara klik 2x icon My Computer yang di desktop windows 98. Jendela My Computer akan ditampilkan, pada jendela My Computer, klik 2x drive (C:). Jendela drive (C:) akan ditampilkan, pada jendela drive (C), klik dua kali folder yang anda inginkan. Misalnya klik dua kali folder program files. Setelah anda pilih, jendela folder program files akan ditampilkan, klik dua kali icon program aplikasi yang anda inginkan. Misalnya klik dua kali icon Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan melalui Windows Explorer
Dengan cara klik tombol start, pilih menu program, kemudian pilih & klik program Windows Explorer. Muncul jendela Exploring, pada jendela tersebut, pilih dan klik folder yang anda inginkan. Misalnya klik folder Microsoft office yang ada pada folder program files, kemudian pada kotak daftar pilihan contents of Microsoft office, klik dua kali nama program anda inginkan. Missal klik dua kali nama program Microsoft Word.
• Menjalankan program aplikasi dengan memilih icon shortcut program aplikasi
Dengan cara mengklik dua kali icon shortcut Microsoft word yang ada pada desktop windows 98.
Terakhir saya akan menjelaskan tentang bagaimana Mengatur Konfigurasi Modem
Windows 98 pada jendela Control Panel menyediakan fasilitas MODEMS yang akan membantu anda dalam menginstall modem baru dan mengatur konfigurasi modem yang terpasang pada computer.

Untuk menginstal modem baru dan mengatur konfigurasi modem sudah terpasang :
• Pada jendela control panel, pilih dan klik dua kali icon Modems. Kotak dialog Modems akan ditampilkan.
• Pada kotak dialog Modems properties tersebut, klik tab General. Kemudian lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Klik tombol perintah Add, untuk menginstal modem baru. Kotak dialog Install New Modem akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut klik tombol perintah Next. Kemudian ikuti semua pertanyaan dan permintaan pada kotak doalog tersebut sampai selesai. Penjelasan selengkapnya lihat contoh penggunaan fasilitas Add New Hardware.
 Pilih dan klik nama modem yang ingin anda hapus, kemudian klik tombol perintah Remove.
 Pilih dan klik nama modem yang ingin anda atur konfigurasinya, emudian klik tombol perintah Properties. Kotak dialog Modem Properties akan ditampilkan.
Pada tab General, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini :
 Tombol daftar pilihan port. Pilih dan klik serial port yang akan anda gunakan.
 Pada kotak speaker volume, atur volume suara dengan car menggeser slider agar sesuai dengan keinginan anda.
 Pada kotak maximum speed, pilih dan klik kecepatan modem yang dimungkinkan.
Gunakan tab Connection, untuk pengaturan lebih lanjut dan klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
• Pada kotak dialog Modems Properties tersebut, klik tab Diagnostics untuk melihat hasil penelusuran Windows 98 untuk melihat hasil penelusuran Windows 98 untuk setiap modem yang terpasang.
• Klik OK, untuk menutup kotak dialg Modems Properties.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar